rambo-ps

Otot kawat, tulang besi! Itulah kandungan sosok pahlawan, yang secara lisan diturunkan secara turun temurun. Kekuatan yang luar biasa, tiada tanding ! Tiada banding. Formula ini akhirnya menjadi satu komposisi, atau kadar kandungan dalam industri film. Film-film Hollywood, sudah membuktikan kandungan komposisi itu. Pahlawan, dalam film laga Hollywood, bisa berasal dari kalangan manapun. Bisa berotot, atau mereka yang mengandalkan otak. Gabungan keduanya.

Melihat film aksi era 1980-an adalah menarik. Kala itu, film aksi penuh otot didominasi oleh kemunculan aktor Stallone, Arnold Swazeneger, Dolp Ludgren. Tiga aktor ini adalah jaminan film laris era 1980-an dengan genre aksi. Dan era 1990-an melahirkan sosok otot Van Damme, hingga kini memunculkan sosok The Rock dan Jason Stanthan.

Adalah menarik mengamati kemunculan film aksi. Orang tak lagi bicara terminologi filmdengan kamusnya yang tebal. Dari soal esensi movement camera, hingga pentingnya seni peran. Yang hadir hanyalah, aksi tiada henti yang membuat penonton terhibur senang. Dan mereka tak merasa rugi dengan, telah mengeluarkan uangnya.
Film aksi Hollywood telah melewati batas. Sosok hero melahirkan kekaguman di segenap benua. Formulanya cuma satu : buat penonton senang dan terhibur. Tidak perlu logika yang cerdas. Yang penting, satu sosok hero bisa mengalahkan 1001 prajurit dengan sekali gerakan.

Saya jadi ingat essay seorang teman, Pico Iyer dalam judul Video Night at Katmandhu, tentang gempita film John Rambo pertama First Blood (1988). Tulisnya : Rambo telah menaklukan Asia. Di Cina satu juta orang telah berlomba untuk menonton First Blood, dalam seminggu pasca premiere. Para calo telah menaikan harga tiket sepuluh kali lipat : dan tetap laku sekalipun harganya selangit. Penonton dibuat terpesona sambil menggelengkan kepala ketika John Rambo (sang pahlawan) berhasil melumpuhkan tujuh orang tentara dalam satu adegan.

Dan seorang reporter tengah mewawancarai seorang gadis Cina (23 tahun), setelah selesai menonton First Blood. Reporter asing itu bertanya : bagaimana menurut Anda film ini. Film yang sangat cermat dan memikat, jawabnya. Lalu gadis itupun terus bertanya : “Apakah John Rambo sudah menikah?”

tonnyEssaysmenikah,rambo
Otot kawat, tulang besi! Itulah kandungan sosok pahlawan, yang secara lisan diturunkan secara turun temurun. Kekuatan yang luar biasa, tiada tanding ! Tiada banding. Formula ini akhirnya menjadi satu komposisi, atau kadar kandungan dalam industri film. Film-film Hollywood, sudah membuktikan kandungan komposisi itu. Pahlawan, dalam film laga Hollywood, bisa...